MENGGALI HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS FILOSOFIS, PRAKTIS, DAN KEHIDUPAN KONTEMPORER
Abstract
Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk individu yang seimbang antara pengetahuan ilmiah dan nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hakikat, landasan, prinsip, struktur, dan implementasi kurikulum pendidikan Islam dalam konteks kekinian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research), di mana data dikumpulkan dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen resmi. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis isi (content analysis) untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam memiliki landasan filosofis yang kuat, berorientasi pada integrasi ilmu agama dan ilmu umum, serta dirancang secara holistik melalui pendekatan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Implementasi kurikulum ini menghadapi tantangan, terutama dalam hal pemahaman pendidik terhadap nilai-nilai dan karakter Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang relevan dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan zaman.
References
Aripin, A. (2024). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. Jurnal Al-Mufidz, 1(2), 121–142. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Fitri, R. A., Siregar, A. R. P., Nursyifa, A., & Ginting, A. B. M. (2023). Esensi Kurikulum dalam Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4), 242–250. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16444
Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis Agama dan Alam. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(Kependidikan era 2.0), 254–268. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i2.107
Mustaqim, Y. (2014). Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 1–24. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.761
Nidawati, N. (2021). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 22. https://doi.org/10.22373/jm.v11i1.8427
Rohman, S., Bima Fandi Asy’arie, & Bunayar, B. (2024). Desain Kurikulum Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 51–72. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i02.193
Rusnawati, MA. (2022). Dasar dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(1), 273–291. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i1.34
Saleh, H. (2023). Landasan Filosofis Pendidikan Islam (Peran Tauhid dalam Konsep Pendidikan Islam Ismail Raji al-Faruqi). Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 29. https://doi.org/10.28944/fakta.v3i1.1243
Samad, S. A. A. (2021). Diskursus Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97–108. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.627
Sidik, F. (2020). Hakikat Kurikulum Dan Materi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.547
Silahuddin. (2014). Kurikulum dalam Perspektif Pendidikan Islam (Antara Harapan dan Kenyataan). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 331–355.
Sufirmansyah. (2018). Reaktualisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integratif (Telaah Kritis Komparatif Di Pesantren, Sekolah, Dan Madrasah). Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 16(2), 1–17. https://doi.org/10.30762/realita.v16i2.1037
Widodo, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. SHEs: Conference, 4(5), 2077– 2081.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. PJPI: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Yusuf, M. (2023). Inklusi Pendidikan Islam: Mewujudkan Pendidikan Semua Anak dalam Konteks Multikultural. Diksi: Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 2(1), 23–44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imro’atus Sholikhah, Rustam Ibrahim, Hanifah Muslimah; Dina Setiana Pratiwi, Ki Awang Pijar Pembayun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.