MENGGALI HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS FILOSOFIS, PRAKTIS, DAN KEHIDUPAN KONTEMPORER

Authors

  • Imro’atus Sholikhah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Rustam Ibrahim UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Hanifah Muslimah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Dina Setiana Pratiwi UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Ki Awang Pijar Pembayun UIN Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk individu yang seimbang antara pengetahuan ilmiah dan nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hakikat, landasan, prinsip, struktur, dan implementasi kurikulum pendidikan Islam dalam konteks kekinian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research), di mana data dikumpulkan dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen resmi. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis isi (content analysis) untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam memiliki landasan filosofis yang kuat, berorientasi pada integrasi ilmu agama dan ilmu umum, serta dirancang secara holistik melalui pendekatan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Implementasi kurikulum ini menghadapi tantangan, terutama dalam hal pemahaman pendidik terhadap nilai-nilai dan karakter Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang relevan dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan zaman.

References

Aripin, A. (2024). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. Jurnal Al-Mufidz, 1(2), 121–142. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222

Fitri, R. A., Siregar, A. R. P., Nursyifa, A., & Ginting, A. B. M. (2023). Esensi Kurikulum dalam Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4), 242–250. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16444

Habibi, R., & Nugroho, W. A. (2020). Pendidikan Etika Lingkungan dalam Kultur Sekolah Dasar Berbasis Agama dan Alam. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(Kependidikan era 2.0), 254–268. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i2.107

Mustaqim, Y. (2014). Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 1–24. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.761

Nidawati, N. (2021). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 22. https://doi.org/10.22373/jm.v11i1.8427

Rohman, S., Bima Fandi Asy’arie, & Bunayar, B. (2024). Desain Kurikulum Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 51–72. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i02.193

Rusnawati, MA. (2022). Dasar dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(1), 273–291. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i1.34

Saleh, H. (2023). Landasan Filosofis Pendidikan Islam (Peran Tauhid dalam Konsep Pendidikan Islam Ismail Raji al-Faruqi). Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 29. https://doi.org/10.28944/fakta.v3i1.1243

Samad, S. A. A. (2021). Diskursus Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97–108. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.627

Sidik, F. (2020). Hakikat Kurikulum Dan Materi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.547

Silahuddin. (2014). Kurikulum dalam Perspektif Pendidikan Islam (Antara Harapan dan Kenyataan). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 331–355.

Sufirmansyah. (2018). Reaktualisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integratif (Telaah Kritis Komparatif Di Pesantren, Sekolah, Dan Madrasah). Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 16(2), 1–17. https://doi.org/10.30762/realita.v16i2.1037

Widodo, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. SHEs: Conference, 4(5), 2077– 2081.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. PJPI: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Yusuf, M. (2023). Inklusi Pendidikan Islam: Mewujudkan Pendidikan Semua Anak dalam Konteks Multikultural. Diksi: Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 2(1), 23–44.

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Imro’atus Sholikhah, Rustam Ibrahim, Hanifah Muslimah, Dina Setiana Pratiwi, & Ki Awang Pijar Pembayun. (2025). MENGGALI HAKIKAT KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS FILOSOFIS, PRAKTIS, DAN KEHIDUPAN KONTEMPORER. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 140–153. Retrieved from https://ejournal.iaiamc.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/594