PROBLEMA ESSENSIAL FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Imam Fathoni IAI Al Muhammad Cepu
  • Rohim Habibi IAI Al Muhammad Cepu

Keywords:

Problema Essensial, Filsafat Pendidikan Islam, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan dalam terminologi agama kita disebut dengan tarbiyah, yang mengandung arti dasar sebagai pertumbuhan, peningkatan, atau membuat sesuatu menjadi lebih tinggi, maka hal ini mengandung asumsi bahwa dalam setiap diri manusia sudah terdapat bibit-bibit kebaikan. Fisafat tidak dapat dipisahkan dari pendidikan karena dengan filsafatlah kebenaran tentang pendidikan akan ditemukan kemudian pendidikan akan menuju kepada kemajuan dan dapat berinovasi. Penelitian ini menggunakan setting kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (Lybrary Reseacrh)

 

Author Biography

Imam Fathoni, IAI Al Muhammad Cepu

Studi Islam

References

Anwar, Muhammad. (2017). Filsafat Pendidikan. Pertama. Jakarta: Kencana.

Hartoyo, H., & Habibi, R. (2023). KAJIAN SEJARAH PERADABAN ISLAM: PENGARUH BANI ABBASIYAH TERHADAP PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 3(03), 123-134.

Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany. (1979) Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nur A. Fadhil Lubis, (2011) Pengantar Filsafat Umum. Ar Ruzz Media.

Putra Daulay, Haidar, and Nurgaya Pasa. (2013) Pendidikan Islam Dalam Lintas Sejarah. Jakarta: Kencana.

Ramayulis. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, .

Rodliyah, St. (2013) Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press.

Susanto, A. (2011). Filsafat Ilmu Suatu Kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis Dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaprulkhan. (2012). Filsafat Umum Sebuah Pendekatan Tematik. Jakarta: Rajawali Pres.

Downloads

Published

2024-09-18