Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Reni Dwi Jayanti, Ermawaty Sholikhah, Muniggar Kusuma, Danang Purnomo, Sukirman Sukirman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahaui peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas V SD Muhammadiyah Wonorejo Kec. Polokarto, Kab. Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui pembelajaran kooperatif Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.  Hasil penelitian dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I, II dan III dengan hasil nilai rata-rata mengalami peningkatan pada pra siklus dari 73,2 menjadi 76 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 83,2. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I naik menjadi 15 anak atau sebesar 60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 20 anak atau 80%. Karena pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai lebih dari 80% dari jumlah siswa, maka peneliti menghentikan penelitian, karena hasil penelitian sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan

Keywords


Meningkatkan Kemampuan, Pembelajaran Kooperatif Make a Match

Full Text:

PDF

References


Anwar Holil, Model Pembelajaran Kooperatif, www.anwarholil.blogspot.com, didownload pada 9 Juli 2023.

Ariany Syurfah, 2007, Multipple Intelligences for Islamic Teaching, Bandung : Syamil Publishing

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP

Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Sandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : bp Pustaka Candra

Departemen Pendidikan Nasional, Konsep PAKEM, www.akhmadsudrajat.wordpress.com, didownload pada 20 Desember 2008

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).

Ina Karlina, S.Pd, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa, www.google.co.id, didownload pada 9 Juli 2023.

KKG PAI Kabupaten Sukoharjo, (2023). Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk sekolah dasar kelas 5 semester 1. Sukoharjo : Nurul ‘Imi PD.PERCADA

Masoffa, Perbedaan Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Konvensional, www.masoffa.wordpress.com, didownload pada 26 Januari 2009

Rahmat Aziz, M.Si, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif dalam Mengembangkan Kreatifitas, www.azirahma.blogspot.com, didownload pada 26 Januari 2009

Slavin, Robert E, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Terj : Nurulita, Bandung: Nusa media, 2008, Cet. III

Suharsimi Arikunto, Prof., Suhardjono, Prof., Supardi, Prof., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI

Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Diva Press, 2010 Tarmizi, Pembelajaran Kooperatif “Make a Match”, www.tarmizi.wordpress.com, didownload pada 9 Juli 2023.

Tim Ipotes, Metode Pembelajaran Kooperatif, www.ipotes.wordpress.com, didownload pada 9 Juli 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.