PENELITIAN KEAGAMAAN MELALUI PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA

Prayitno Prayitno, Chaerul Huda

Abstract


Agama sebagai ajaran yang memberi tuntunan hidup banyak dijadikan pilihan karena ada indikasi dalam agama terdapat banyak nilai yang bisa dimanfaatkan manusia ketimbang ideologi. Kebutuhan manusia akan agama merupakan suatu hal yang sudah tidak terelakkan lagi dalam kenyataan kehidupan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penelitian agama, penelitian agama dan keagamaan sebagai sebuah doktrin, produk sosial budaya, dan hasil interaksi sosial melalui pendekatan studi literatur dengan mendalami teori dan referansi tentang penelitian agama dan keagamaan dari berbagai sumber. Islam merupakan agama samawi yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW untuk umat manusia sebagai pedoman hidup agar bahagia dunia akhirat. Sebagai agama samawi, ajaran Islam tidak tercampur dengan pengaruh sosial budaya saat Islam diwahyukan tetapi dapat diteliti melalui sikap dan perilaku para penganutnya melalui studi ilmu sosial budaya secara khusus. Adanya perkembangan sosial budaya masyarakat diimbangi dengan ijtihad para ulama sehingga ajaran agama Islam dapat menjawab permasalahan yang ada dengan tetap menjaga kemurnian ajaran Islam itu sendiri.

Keywords


Penelitian Keagamaan, Interaksi Sosial, Budaya`

Full Text:

PDF

References


Arfa`, F. A. (2015). Metode Studi Islam.

Asy’ari, M. (2017). Islam dan Seni. Hunafa, 4(2), 1–6. https://core.ac.uk/download/pdf/229979851.pdf

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (Baharudin (ed.); Cetakan Ke). Sibuku. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf

Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan agama berwawasan multikultural. In Erlangga. Eirlangga. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_agama_berwawasan_multikultura/ePuTmtNts6gC?hl=id&gbpv=1

Dirjen Pendis Kemenag RI. (2018). Ensiklopedia Islam Nusantara. In S. M. M. A. H. Z. S. Pono (Ed.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Issue Edisi Budaya). Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Haryono, Eko, et al. STATISTIKA SPSS 28. Edited by Rismawati, N. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.

Hujair AH, S. (2014). MODUL V. 1–21.

JNM, T. P. (2015). Gerakan Kultural Islam Nusantara (J. FM, A. M. Fansuro, M. Zamzami, F. M. Faal, A. A. Marom, & Chafidz (eds.); Cetakan I). Panitia Mukmatar NU Ke-33. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25395/2/Ridwan dkk - Islam Nusantara.pdf

Lexy J. Moleong. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (35th ed.). Remaja Rosdakarya.

Muhaimin.et.al. (2012). PARADIMA PENDIDIKAN ISLAM. PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Nisa, Y. F., Hendarmin, L. A., Lubis, D. A., Mubarok, M. Z., Agung, S., Narhetali, E., Rohayati, T., Maulana, D., Saputra, R. E., Utomo, A. P., Ruswandi, B., & Putra, D. K. (2018). gen Z: Kegalauan Identitas Keagamaan (I. R. Didin Syafruddin (ed.)).

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Rozali. (2020). Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan (S. T. Sumanti (ed.); Cetalan ke). Rajawali Buana Pusaka.

Saebani, B. A., & Akhdhiyat, H. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (Ipi).

Shobron, S. E. (2016). Islam dan Ipteks (N. Zuhdi (ed.); Cetakan I). LPIK Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syafrizal, A. (2015). Islamuna: Jurnal Studi Islam. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 235–253. http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/islamuna/article/view/664/617

Tamam, A. B. (2016). Penelitian Agama: Sebuah Pengantar. Madinah: Jurnal Studi Islam, 3(1), 9–23. httpsejournal.iai-tabah.ac.idindex.phpmadinaharticledownload171138.

Wagiran. (2006). Penelitian Pendidikan. april, 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.