Rekonstruksi Pendidikan Islam di Era Globalisasi

Siti Afifah Adawiyah, Meitia Rosalina Yunita Sari

Abstract


Arus globalisasi saat ini menimbulkan banyak sekali perubahan dari segala aspek kehidupan. Perubahan ini tidak dapat dihindari akibat ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih. Hal ini menggugah kesadaran masyarakat umum akan pentingnya pendidikan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kewajiban bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Rekonstruksi Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (library research) kemudian menganalisis sumber sumber data yang diperoleh kedalam karya ilmiah ini. Hasil dari karya ilmiah ini yaitu Rekonstruksi pendidikan Islam di era globalisasi dilakukan untuk mempersiapkan pendidikan Islam menghadapi keadaan tersebut, dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut: (1) mewujudkan persatuan, (2) koordinasi peningkatan sumber daya manusia, dan (3) konsentrasi pemanfaatan dana. Kebijakan perubahan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka merupakan sebuah ikhtiar dan wujud dari prinsip dasar kurikulum change and continuity, yaitu hasil dari kajian, evaluasi, kritik, respon, prediksi, dan berbagai tantangan yang dihadapi. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kebijakan strategis dalam menyiapkan dan menghadapi tantangan globalisasi dan tuntutan masyarakat Indonesia masa depan


Keywords


Rekonstruksi Pendidikan Islam, Pendidikan Islam, Globalisasi

Full Text:

PDF

References


H.A. Yakub Matondang, et.al., Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1998.

Imam Machali dan Musthofa, ed., Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pikiran Seputar; Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2004.

Indra, Hasbi, Pendidikan Islam melawan Globalisasi, Jakarta: Ridamulia, 2005.

Indriyanto, Bambang, Respons Kebijakan Pendidikan terhadap Globalisasi, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol.15, no.1, 2009.

Kartoredjo, H.S., Kamus Baru Kontemporer, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Machali, Imam, Implementasi Pendekatan Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam, makalah, disampaikan pada acara seminar nasional “Implementasi Pendekatan Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Pendidikan Islam†tanggal 16 Oktober 2014 yang diselenggarakan oleh Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mansur, Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005.

Mastuhu, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003.

Muhtarom, Reproduksi Ulama di Era Global: Resistensi Tradisional Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Nata, Abuddin, Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Globalisasi, artikel, Fakultas Dirasat Islamiyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009 dalam http://fdi.uinjkt.ac.id

Negara, Tono Supriatna, Kurikulum Merdeka untuk pemulihan Krisis pembelajaran, Jurnal Inovasi Kurikulum. Universitas Pendidikan Indonesia, 2022. dalam https://ejournal.upi.edu

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sam M. Chan dan Tuti T. Sam, Analisis SWOT: Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.