KETERAMPILAN MEMIMPIN DALAM MENGELOLA KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Afni Firdausia, Imam Muchlisin, Imam Fathoni

Abstract


AbstrakMasih terdapat beberapa siswa yang kurang menyenangi pelajaran matematika disebabkan siswa menganggap mata pelajaran matematika sangat sulit untuk dipahami karena sebagian besar materinya bersifat abstrak, memerlukan penalaran yang sangat baik agar bisa mengerti. sehingga daya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika sangatlah rendah. Untuk mensiasati fenomena tersebut guru di MI Negeri 2 Grobogan harus memiliki kemampuan kepemimpinan dalam mengelola kelas yang baik, supaya kegiatan belajar mengajar lebih efesien dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang keterampilan memimpin dalam pengelolaan serta mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam memimpin mengelola kelas pada Pelajaran Matematika di kelas Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Grobogan.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan field research dan metode deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi (pengamatan lapangan) wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian di lapangan diperoleh data bahwa Keterampilan memimpin dalam pengelolaan kelas mata pelajaran Matematika di kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Grobogan, dalam menciptakan suasana yang kondusif ditujang dengan pengelolaan kelas dari tenaga didik baik sarana, maupun pembelajaran guna menciptakan suasanya yang nyaman bagi peserta didik dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Kendala yang Dihadapi Guru Dalam Memimpin Mengelola Kelas pada Pelajaran Matematika di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Grobogan yaitu mencakup dua faktor; pertama, faktor internal (baik didalam kelas) dan kedua, faktor eksternal (luar kelas/ lingkungan sekolah).   

Keywords


Keterampilan, Memimpin, Mengelola Kelas, Pelajaran Matematika

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana,2013)

Benny Hutahayan, Kepemimpinan: Teori dan Praktik (Yogyakarta: Deepublish, 2020)

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, Ratna Sari Dewi,” Pengertian pendidikan” (Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol 4, No. 6 tahun 2022)

Eko Haryono, Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam,” (An-Nur 13(2),2023)

Erwin Widiasworo, Cerdas Pengelolaan Kelas, (Yogyakarta: Diva Press, 2018)

Fridayana Yudiaatmaja, “Kepemimpinan: Konsep, Teori dan Karakternya”, Jurnal Undiksha, Vol. 12, No. 2 ( Agustus 2013)

H. Suwatno, Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi Plublik dan Bisnis (Jakarta: Bumi Aksara, 2019)

Kartono Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan, (Jakarta: PT. Gafrindo,1992)

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2011)

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015)

Ratu Atih dan Rifqi Rijal, ‘Peningkatan Belajar Matematika Tentang Operasional Perkalian Pecahan Melalui Metode Resitasi’, Jurnal Ibtida’i, Vol. 3.No. 03 (2016).

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan PP RI Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar, (Bandung : Nuansa Aulia, 2010).

Zarahudddin, dkk, Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi (Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management, 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.