IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI

Imam Muchlisin

Abstract


Metode An-Nahdliyah merupakan salah satu metode membaca Al-Qur’an yang identik dengan ketukan. Cara penyampaian metode An-Nahdliyah ada 4 yaitu : 1. metode ceramah, 2. metode demonstrasi, 3. metode drill, dan 4. metode tanya jawab. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an anak usia dini studi kasus di RA Naja Ali Tambakwatu Karangboyo Cepu. (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an anak usia dini di RA Naja Ali Tambakwatu Karangboyo Cepu. (3) Apa saja yang menjadi faktor penghambat implementasi metode An-Nahdliyah di RA Naja Ali Tambakwatu Karangboyo Cepu. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Kemampuan dalam membaca al-Qur‟an mengalami peningkatan dan perkembangan selama menggunakan metode An-Nahdliyah. Pada kegiatan inti, guru memberi contoh cara membaca dengan benar, anak diminta menirukan membaca secara bersama-sama dan langsung dipraktekan bersama-sama pula. Setelah membaca bersama tiap-tiap anak dituntut untuk membaca kembali jilidnya dan di evaluasi langsung oleh guru. (b) faktor pendukungnya yaitu guru pengajar Al-Qur’an yang sudah mengikuti diklat sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan peserta didiknya. Rasio guru dan siswa seimbang dan sarana prasarana pembelajaran memadai. (c) faktor penghambat yaitu kurangnya tenaga pendidik yang kompeten, kurangnya motivasi dan minat membaca anak serta kemampuan anak yang berbeda-beda.

Keywords


An-Nahdliyah, minat membaca, Al-Qur’an

References


Abu al-Husain Muslim bin al-Hahhah al-Qusyairi an-Naisaburi,Sahih Muslim bab II tentang shalat Al-Amusaffirin wa Qashruhu, (Semarang:Toha Putra,2001)

Albi Anggito, Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, 2018.

Badwilan, Ahmad Salim. 2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an dan Rahasia-Rahasia Keajaibannya. Yogjakarta: Diva press.

Badwilan, Ahmad Salim. Panduan Cepat Mnghafal Al-Qur’an dan Rahasia-Rahasia Keajaibannya (Yogyakarta: Diva press.2008)

Depdikbud, Pembinaan Materi Baca, Materi Sajian (Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdikbud RI, 2000).

Fahman Idrus, Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009)

Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan untuk Wanita, Bandung:CV.Penerbit JABAL, 2020.

Lembaga Koordinasi Gerakan Taman Pendidikan Al-Qur’an.Keutaman Belajar dan Mengajar Al-Qur’an.4 Juli 2018. Diakses pada 20 April 2021

M.Tatam Wijaya.Keutamaan Membaca Al-Qur’an Dalam Hadist Rasulullah.2020.

Mukti Amini, S. Pd., M. Pd. , Perkembangan dan Konsep dasar Perkembangan Anak Usia Dini, PAUD4306/Modul 1.

Nurhadi, Membaca Cepat dan Efektif (Bandung: Algensindo, 2008)

Pimpinan Pusat Majelis Pembina TPA AN-Nahdliyah Tulungagung, 3 April 2008, Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah

Rois Mahfud, Pelajaran Ilmu Tajwid, (Depok : Rajawali Pers, 2017) Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1134.

Rusman Siregar, 40 Hadist Keutamaan Al-qur’an (1), (Jakarta: kalam Sindonews.2020)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Sugiono, Metode Kuantatif, Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2011).

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), ( Bandung : Alfabeta, 2016 )

Sunanih, kemampuan membaca al- qur’ an bagi anak usia dini bagian dari perkembanganbahasa, diakses pada 20 April 2021.

Sunhaji, Strategi Pembelajaran Konsep dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengaajar, (Yogyakarta: Grafindo Literasi Media, 2009)

Syaiful Bahri Djamaroh, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Teungku Muhammad Habsi Ash Shiddieqy, Pedoman Dzikir dan Doa,(Semarang:Pustaka Rizki Putra,2005), cet.VI.

Yusuf Al-Qardhawi, Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’an.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar Raudloh publised by Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu Prodi Piaud