MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI
Keywords:
Media Papan Flanel, Kemampuan Bahasa, Anak Usia DIniAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada hakikatnya ialah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh pada seluruh aspek kepribadian anak. Papan flanel termasuk salah satu media pembelajaran yang berupa papan yang dilapisi kain flanel dan cara penyampaian pesan atau materinya dengan cara ditempelkan pada papan flanel tersebut. Papan flanel dalam pembelajaran membaca diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan membaca yang dirasa dapat mengatasi kesulitan belajar ketrampilan berbahasa pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui media papan flanel pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan persentasi rata-rata kelas kemampuaan bahasa anak dalam membaca suku kata pada setiap tahapannya. Presentasi rata-rata kelas kemampuaan bahasa dalam membaca suku kata pada saat pratindakan sebesar 30%, pada tindakan I menjadi 40%, pada tindakan II menjadi 60%, pada tindakan III menjadi 80%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah penelitian yang reliable dan akuntabilitasReferences
Aisyah, Siti dkk,2017. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak — Kanak. . Jakarta: Depdiknas.
Gunarti, Winda, dkk. 2018. Metode Pengembangan Perilalai dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dint. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mutiara Sari, Dewi. 2013. Penggunaan papan flannel untuk meningkatkan kemampuan mengenal Suku Kata. Diunduh di http://text-id.123dok.com tanggal 3 Maret 2022
Margani, Slamet. 2010. Media Papan Flanel. Lumbung Pustaka UNY. Diunduh di http://m.mediaindonesia.com tanggal 3 Maret 2022
Sugianti, Anik. 2019. Cara Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Diklat Berjenjang Tingkat Dasar GTK PAUD.
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosda Karya