TANTANGAN DAN PELUANG PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAMPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MILENIAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA TEGAL
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasitantangan dan peluang yang terkaitdenganpenggunaan media digital dalampembelajaran agama Islam di era milenial, khususnya di lingkungan SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Metode kualitatifdigunakanuntukmelakukanwawancaramendalamdengan guru agama, siswa, dan kepalasekolah. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa media digital memilikipotensibesaruntukmeningkatkanminatsiswadalambelajar, memperkayamateripelajaran, dan mempermudahaksesmerekakeinformasikeagamaan. Namundemikian, adabeberapamasalah yang perluditangani. Ini termasukketerbatasaninfrastrukturteknologisekolah, kurangnyaliterasi digital antara guru dan siswa, dan gap digital. Selain itu, konten digital yang bertentangandengannilai agama juga menjadimasalah. Hasil penelitianmenunjukkanbahwamengajar agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal memerlukanpenggunaan media digital denganhati-hati dan dimasukkankedalampendekatanpembelajarankonvensional. Selain infrastruktur yang memadai, pendidikharusdilatihuntukmeningkatkankemampuan digital mereka.
Kata Kunci: pembelajaran agama Islam melalui media digital, era milenial, kesulitan, dan peluang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.