TANTANGAN DAN PELUANG PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAMPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MILENIAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA TEGAL

Authors

  • Iza Nurul Khikmah
  • Nicolas Dani Febrian
  • Fiki Fikriyah
  • Annisa Maulida
  • Tuharso
  • Rizqi Abdillah Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasitantangan dan peluang yang terkaitdenganpenggunaan media digital dalampembelajaran agama Islam di era milenial, khususnya di lingkungan SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Metode kualitatifdigunakanuntukmelakukanwawancaramendalamdengan guru agama, siswa, dan kepalasekolah. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa media digital memilikipotensibesaruntukmeningkatkanminatsiswadalambelajar, memperkayamateripelajaran, dan mempermudahaksesmerekakeinformasikeagamaan. Namundemikian, adabeberapamasalah yang perluditangani. Ini termasukketerbatasaninfrastrukturteknologisekolah, kurangnyaliterasi digital antara guru dan siswa, dan gap digital. Selain itu, konten digital yang bertentangandengannilai agama juga menjadimasalah. Hasil penelitianmenunjukkanbahwamengajar agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal memerlukanpenggunaan media digital denganhati-hati dan dimasukkankedalampendekatanpembelajarankonvensional. Selain infrastruktur yang memadai, pendidikharusdilatihuntukmeningkatkankemampuan digital mereka.

Kata Kunci: pembelajaran agama Islam melalui media digital, era milenial, kesulitan, dan peluang.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Khikmah, I. N., Nicolas Dani Febrian, Fiki Fikriyah, Annisa Maulida, Tuharso, & Rizqi Abdillah. (2025). TANTANGAN DAN PELUANG PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAMPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MILENIAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA TEGAL. An-Nuur, 15(1), 20–28. Retrieved from https://ejournal.iaiamc.ac.id/index.php/annuur/article/view/605

Issue

Section

Vol 15 No 1 (2025) Jurnal Ilmiah An-Nuur