Kajian Hermeneutika Paul Riceour dalam Studi Islam

Tri Setyo

Abstract


Memahami sebuah teks merupakan titik temu antara apa yang diharapkan penulis dangan apa yang dimengerti pembaca. Titik temu ini menjadi penting agar makna yang diterkandung didalam teks tidak menjadi bias dikarenakan adanya perbedaan pengertian antara penulis dengan pembaca. Untuk itu dibutuhkan cara dalam menemukan perbedaan ini. Hermenutika menjadi salah satu cara dalam membongkar makna sebuah teks. Hermeneutika Riceour menjadikan teks sebagai kajian utama dalam membongkar makna yang terkandung didalamnya. Oleh Riceour teks tidak selalu diartikan tulisan tapi bisa berbentuk realita sosial dalam kehidupan, dengan kata lain semua kejadian di alam ini merupakan teks yang memiliki makna.

Kata kunci : Hermeneutika, Teks, Paul Riceour.


Full Text:

PDF

References


Bambang Triatmoko, 1990, Hermeneutika Fenomenologis Paul Ricoeur dalam Majalah Driyarkara, No. 2, XVI.

E. Sumaryono, 1999, Hermeneutika sebuah Metode Filsafat, Yogyakarta : Pustaka Filsafat.

Henry Salahuddin, Studi Analitis Kritis Terhadap Filsafat Hermeneutik Alquran, dalam Blog pada WordPress.com.

John. B. Thompson, 1982, Editor's Intrroduction, dalam Paul Ricoeur Hermeneutics and the Human Science,diterjemhkan dari hahasa Perancis ke hahasa Inggris dengan judul Freedom and Nature: the Voluntary and the involuntary, America : Cambridge Univ. Press.

K. Bertens, 2001, Filsafat Barat Kontemporer Prancis, Jakarta: Gramedia Pustaka Islam.

Machasin, Sumbangan Hermeneutika tehadap Ilmu Tafsir, Jurnal Gerbang No. 14 Vol. V Tahun 2003, Surabaya: Lembaga Studi Agama dan Demokrasi (eLSAD) dan The Asia Foundation.

Mun’im Sirry A, 2009, “La Ikraha Al-Din (Tidak Ada Paksaan Dalam Agama) Menafsirkan Tafsir Al-Qur’an bersama Paul Riceour,†dalam Syafa’atun Almirzanah & Sahiron Syamsuddin, (Ed.), Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian Qur’an dan Hadis Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Lemlit UIN Sunan Kalijaga.

Poespoprodjo. 1987. Interpretasi. Bandung: Remadja Karya CV.

Ricoeur, Paul, 2012, Filsafat Wacana: Membelah Makna dalam Anatomi Bahasa (The Interpretation Theory), Yogyakarta : IRCiSoD.

Ricoeur, Paul, 2002, Hermeneutika Ilmu Sosial, diterjemahkan oleh Muhammad Syukri dari Hermeneutics of Social Science, Bantul : Kreasi Wacana.

Richard E. Palmer, 1997, Hermeneutics Interpretation Theory in Scheiermacher, Dilthey, Heidegger and Gadamer, Evanston, Nortwestern University press Lihat juga Ahmad Norma permata, Hermeneutika Fenomenologis Paul Ricoeur dalam Paul Ricoeur, 2002, Interpretation Theory: Filsafat Wacana Membahas Makna Dalam Anatomi Bahasa Yogyakarta: Ircisoal.

Richard E. Palmer, 2005, Hermeneutics Interpretation Theory in Schleirmacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer diterjemahkan oleh Masnuri Hery dan Damanhuri dengan judul Hermeneutika; Teori Baru Mengenai Interpretasi , Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafa‟atun Almirzanah dan Syahiron Syamsuddin (eds.), 2011, Upaya Integrasi Hermeneutik dalam Kajian Qur‟an dan Hadis Teori dan Aplikasi Buku 2, Yogyakarta: Lembaga Penerbitan UIN Sunan Kalijaga.

Supena, Ilyas, 2012, Bersahabat dengan Makna Melalui Hermeneutika, Semarang: Program Pascasarjana IAIN Walisongo.




DOI: https://doi.org/10.58403/annuur.v11i1.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

An-Nuur publised by Institut Agama Islam Al Muhammad Cepu

Gambar terkait