PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Proses pembelajaran merupakan aspek yang terintegrasi dari proses pendidikan agar menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga peserta didik dapat memperoleh hasil belajar secara maksimal mencangkup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk terwujudnya hal tersebut perlu adanya metode pembelajaran yang efektif, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study, sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan suasana di luar kelas dengan situasi pembelajaran berbagai permainan sebagai media transformasi. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika menggunakan metode pembelajaran outdoor study pada peserta didik kelas 2 MI Unggulan Al Maruf Mayahan Kec Tawangharjo Kab Grobogan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023, yaitu pada bulan November sampai dengan Desember. Subjek penelitian ini adalah peserta kelas 2 MI Unggulan Al Maruf Mayahan yang terdiri dari 27 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 71,42% (kategori baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,28% (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 15,86%. Dengan demikian penggunaan metode outdoor study dalam mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 2 MI Unggulan Al Maruf Mayahan Kec Tawangharjo Kab Grobogan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustianti Rifka dkk, Filsafat Pendidikan Matematika, (Padang: PT Global Eksklusif Teknologi, 2022).
Arikunto Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Bumi Aksara, 2017).
Nisa Jakiatin ,Outdoor Learing Sebagai Metode Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan, Jurnal Sosio Didaktika, Vol 2 No 1 Tahun 2015.
Ristiana Diah, Metode Pembelajaran, (Klaten: Lakeisha, 2019 ).
Slameto, Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta. 2010).
Sanjaya Wina, Penelitian Tindakan Kelas,(Bandung: 2009).
Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT.Raja Grafinda Persada,2014).
Uno Hamzah B, Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
Yani Ahmad, Model Projek Based Learning,(Malang: Ahli Media Press 2021).
Zaiful Moh Rosyid, Rofiqi, Siti Yumna, Outdoor Learning, ( Batu: Literasi Nusantara, 2019).
Refbacks
- There are currently no refbacks.